Rancangan dan Tuan Rumah Piala Eropa 2020

November 13, 2020 by No Comments

VIVA   – Lengkap sudah daftar peserta Piala Eropa 2020. 4 tim terakhir yang melakoni duel hidup mati dalam pertandingan play-off sudah memastikan tempat di kompetisi internasional paling bergengsi di Kesultanan Biru ini.

4 tim yang terakhir yang lulus ke putaran final adalah Hungaria, Skotlandia, Slovakia, dan Makedonia Utara. Mereka memastikan tempat ke putaran final usai meraih kemenangan dalam playoff, Kamis 12 November 2020 (Jumat dini hari WIB).

Dengan demikian, 24 awak akan bertarung dalam putaran final Piala Eropa 2020 di musim panas 2021 nanti. 24 awak ini diambil dari dua tim teratas dari masing-masing 10 perserikatan kualifikasi ditambah empat posisi tertinggal lewat play-off.

Kapan dan di mana Piala Eropa 2020?
Piala Eropa edisi ke-16 ini akan berlangsung dari 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Turnamen ini awalnya, dijadwalkan di musim panas 2020. Namun pandemi Corona COVID-19 yang melanda negeri sepanjjang 2020 membuat turnamen diundur setahun.

Dan untuk merayakan ulang tahun ke-60 perhelatan Piala Eropa, maka untuk corak kesempatan ini akan digelar di 12 kota berbeda di Eropa yang telah dipilih sebagai tuan panti. Ke-12 kota dan stadion tersebut adalah:

Amsterdam (Belanda)                – Johan Cruyff Arena
Baku (Azerbaijan)                    – Stadion Olimpiade
Bilbao (Spanyol)                      – San Mames
Bukares (Rumania)                    kepala Arena Nationala
Budapest (Hungaria)                – Puskas Dunia
Kopenhagen (Denmark)              kacau Stadion Parken
Dublin (Republik Irlandia)  – Stadion Aviva
Glasgow (Skotlandia)              – Hampden Park
London (Inggris)                      – Stadion Wembley
Munich (Jerman)                        – Allianz Arena
Roma (Italia)                            – Stadio Olimpico
Saint Petersburg (Rusia)      kacau Stadion Krestovsky

Setiap stadion akan menjelma tuan rumah tiga pertandingan eliminasi grup, yang akan berlangsung antara 11 Juni dan 23 Juni 2021. Kota tuan rumah telah ditentukan untuk penyisihan grup. Yaitu:

Grup A: Remang dan Baku
Grup B: Saint Petersburg dan Kopenhagen
Grup C: Amsterdam dan Bukares
Grup D: London dan Glasgow
Grup E: Bilbao dan Dublin
Grup F: Munich dan Budapest

Fase Knockout
Stadion Olimpico Roma akan menjadi tuan rumah laga pembuka dalam 11 Juni 2021. Dan setiap kota akan menjadi tuan sendi satu pertandingan 16 besar ataupun perempat final. Sementara stadion nasional Inggris Wembley akan menggelar sabung semifinal dan final.

Fase knockout 16 besar akan berlangsung dari 26 Juni maka 29 Juni 2021. Dilanjutkan putaran perempatfinal pada 2 dan 3 Juli 2020. Sedangkan semifinal berlangsung pada 6 dan 7 Juli 2020 dan ditutup laga final pada 11 Juli 2021.